Minggu, 09 Januari 2011

ORIGINS...

Sistem Gopher yang asli dirilis pada akhir musim semi tahun 1991 oleh Mark McCahill, Farhad Anklesaria, Paul Lindner, Daniel Torrey, Adam Huminsky, dan Bob Alberti dari University of Minnesota. Tujuan utamanya adalah, sebagaimana tercantum dalam RFC 1436:

     * Sebuah pengaturan hirarki file-seperti yang akan akrab bagi pengguna
     * Sebuah sintaks sederhana
     * Sebuah sistem yang dapat dibuat dengan cepat dan murah
     * Memperluas metafora sistem file, seperti pencarian

Gopher menggabungkan hirarki dokumen dengan koleksi layanan, termasuk WAIS, yang Archie dan Veronica search engine, dan gateway ke sistem informasi lain seperti FTP dan Usenet.

Kepentingan umum di Kampus-Wide Sistem Informasi (CWISs) [1] di pendidikan tinggi pada waktu itu, dan kemudahan dengan server gopher yang dapat dibentuk untuk menciptakan CWIS instan dengan link ke direktori online situs lain dan sumber daya yang faktor yang berkontribusi terhadap adopsi cepat Gopher's. Pada tahun 1992, metode standar menemukan alamat e-mail seseorang adalah menemukan CCSO nameserver organisasi mereka masuk dalam Gopher, dan query nameserver. [2]

Berbagai asal mungkin nama. Maskot University of Minnesota gopher tersebut, [3] pesuruh (suara yang sama) adalah asisten yang "berlaku untuk" hal-hal, dan gopher sebuah liang melalui tanah untuk mencapai lokasi yang diinginkan.

0 Comments: