Minggu, 09 Januari 2011

pengertian TELNET

Telnet adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan di Internet atau jaringan area lokal untuk menyediakan fasilitas interaktif dua arah berorientasi teks komunikasi menggunakan koneksi terminal virtual. User data di-band diselingi dengan informasi kontrol Telnet dalam koneksi data 8-bit byte berorientasi selama Transmission Control Protocol (TCP).
Telnet dikembangkan pada tahun 1969 dimulai dengan RFC 15, diperpanjang dalam RFC 854, dan distandarisasi sebagai Internet Engineering Task Force (IETF) Standar Internet STD 8, salah satu standar Internet pertama.
Secara historis, Telnet menyediakan akses ke antarmuka command-line (biasanya, dari sebuah sistem operasi) pada remote host. Sebagian besar peralatan jaringan dan sistem operasi dengan TCP / IP stack mendukung layanan telnet untuk konfigurasi jauh (termasuk sistem berbasis Windows NT). Karena masalah keamanan dengan Telnet, digunakan untuk tujuan ini telah menyusut dalam mendukung SSH.
Para telnet panjang juga dapat merujuk kepada perangkat lunak yang mengimplementasikan bagian klien protokol. aplikasi klien Telnet yang tersedia untuk hampir semua platform komputer. Telnet juga digunakan sebagai kata kerja. Untuk telnet berarti membuat koneksi dengan protokol Telnet, baik dengan klien baris perintah atau dengan antarmuka program. Sebagai contoh, sebuah direktif umum mungkin: "Untuk mengubah sandi Anda, telnet ke server, login dan menjalankan perintah passwd." Paling sering, seorang pengguna akan telnet ke sistem Unix-like server atau perangkat jaringan (seperti router) dan mendapatkan prompt login ke antarmuka baris perintah teks atau manajer layar penuh berbasis karakter.

0 Comments: